- Pengajar: Arip Prehatiningsih
1. Konsep hakikat perkembangan
2. Konsep faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan
3. Teori karakteristik perkembangan anak usia dini
4. Tahap masa perkembangan individu 5. Tugas-Tugas perkembangan
6. Teori karakteristik perkembangan anak usia sekolah
7. Teori karakteristik perkembangan remaja
8. Teori karakteristik perkembangan masa dewasa
9. Peranan guru dalam memfasilitasi perkembangan peserta didik
10. Permasalahan perkembangan peserta didik- Pengajar: Warih Anggi Pratiwi
- Pengajar: Ika Aprilia Kusumastuti
Mata kuliah Pendidikan Agama Islam memberikan pemahaman teoritis dan praktis kepada mahasiswa tentang Agama Islam. Bagaimana hakikat manusia dan asal-ususlnya, kebutuhan manusia terhadap agama, perlunya pendidikan untuk mempertahankan fitrah manusia sebagai muslim. Tentunya dengan upaya untuk meneguhkan aqidah dan nilai-nilai ketauhidan. Memberikan pemahaman yang berdasar dari sumber hukum dalam Islam, agar dapat melakukan aktivitas beribadah dan bermuamalah. Akhlakul karimah merupakan salah satu harapan ketika dan pasca dilakukannya proses perkuliahan. Pun dengan mempelajari tasawuf didalamnya.
- Pengajar: Akhmad Setyawan, M.Pd.
adalah mata kuliah yang mempelajari tentang konsep dan teori pedidikan anak, berbagai jenis pengasuhan, hingga pendidikan informal kaitannya dengan pendidikan dari orangtua dan lingkungan.
- Pengajar: Ika Aprilia Kusumastuti
Selama perkuliahan kita akan mempelajari :
- konsep belajar dan pembelajaran
- Teori Belajar
- Karakteristik belajar Anak
- Model Pembelajaran
- Pendekatan Pembelajaran
- Strategi Pembelajaran
- Metode Pembelajaran
- Teknik dan taktik
- Media dan Sumber Belajar
- Permasalahan Belajar
- Pengajar: Vivi Sufiati
Psikologi perkembangan adalah cabang ilmu psikologi yang mempelajari perkembangan dan perubahan perilaku dan aspek kejiwaan manusia. Ruang lingkup psikologi perkembangan di mata kuliahan ini berfokus pada psikologi perkembangan anak usia dini. Aspek yang dipelajari adalah perkembangan fisik, kognitif, bahasa, perkembangan sosial emosional, nilai agama moral dan seni.
Beberapa teori perkembangan anak yang perlu diketahui, antara lain:
a. Teori Sigmund Freud
b. Teori Erik Erikson
c. Teori Jean Piaget
d. Teori Albert Bandura
e. Teori Lev Vygotsky
f. Teori Howard Gardner
- Pengajar: Fitria Maharani
Psikologi pendidikan anak usia dini adalah cabang ilmu psikologi yang mempelajari perilaku anak usia dini, baik yang tampak maupun tidak tampak. Psikologi pendidikan anak usia dini juga berfokus pada pentingnya peran orang tua dan pengasuh dalam mendukung perkembangan anak.
Dengan menerapkan pendekatan yang berbasis pada teori perkembangan anak dan prinsip-prinsip psikologi, psikologi pendidikan anak usia dini dapat berkontribusi secara signifikan dalam membantu anak-anak mencapai potensi mereka yang optimal dan mempersiapkan mereka untuk tahap perkembangan selanjutnya dalam hidup mereka.
- Pengajar: Fitria Maharani
Mata kuliah ini membahas tentang :
1. Hakikat Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini
2. Teori Pendidikan Anak Usia Dini
3. Layanan Pendidikan Anak Usia Dini
4. Program Dalam Pendidikan Anak Usia Dini
5. Tumbuh Kembang Anak Usia Dini
6. Developmentally Appropriate Practices (DAP)
7. Hakikat Pembelajaran di PAUD
8. Lingkungan Belajar Anak Usia Dini
9. Asesmen bagi pengajaran dan pembelajaran di PAUD
10. Mengintegrasikan PAUD dengan teknologi
11. Hubungan PAUD dengan keluarga dan masyarakat
Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memiliki pengetahuan mengenai teori-teori dasar pendidikan anak usia dini serta mampu menemukan pemecahan masalah pada berbagai konsep PAUD yang terjadi di lembaga PAUD. Kegiatan perkuliahan dilakukan dengan berbagai metode yang banyak melibatkan mahasiswa untuk aktif seperti metode diskusi kelompok, case study, dan team based project.
- Pengajar: Arip Prehatiningsih
- Pengajar: Vivi Sufiati