Mata kuliah statistik inferensial mempelajari tentang berbagai tehnik uji statistik yang berhubungan dengan analisis sebagian data (contoh) atau juga sering disebut dengan sampel untuk kemudian sampai pada peramalan atau penarikan kesimpulan mengenai keseluruhan data induknya (populasi).

CPL-PRODI 1. Menunjukan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan mandiri. (S10) 2. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam kontek pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humanoria yang sesuai bidang keahlianya. (KU1) 3. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. ( KU4) 4. Mampu menyiapkan dan mengevaluasi data berbasis pada teknologi, instrument, piranti, lunak untuk analisis dan sintesis sumber daya hayati secara tepat (KK3) 5. Menguasai konsep perilaku dan hubungannya dengan manusia (PP2) 

CPMK 1. Mahasiswa mampu memahami arti statistik inferential 2. Mahasiswa mampu menjelaskan tentang uji asumsi 3. Mahasiswa mampu menjelaskan tentang berbagai tehnik uji statistik seperti tehnik korelasi 2 variabel 4. Mahasiswa mampu mengerjakan secara tuntas berbagai tehnik stastik seperti uji beda 2 variabel 5. Mahasiswa mampu menjelaskan tentang berbagai tehnik uji statistik korelasi lebih dari 2 variabel 6. Mahasiswa mampu menjelaskan tentang berbagai tehnik uji faktorial 7. Mahasiswa mampu menjelaskan tentang teknik uji wilcoxon dan uji mann-whitney u test 8. Mahasiswa mampu menganalisis dengan menggunakan SPSS