Selamat Datang di Mata Kuliah Statistika


Mata kuliah Statistika Dasar merupakan mata kuliah wajib bagi banyak bidang ilmu karena merupakan mata kuliah yang mengajarkan tentang dasar metode statistika untuk analisa data yang didapat dari penelitian. Analisa data sangat penting dilakukan agar pengambilan keputusan yang dilakukan tepat dan sesuai. Mata kuliah ini menekankan pada teori, praktek, dan analisa data, bukan pada konsep matematika dibelakang metodenya sehingga tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Deskripsi

Mata kuliah Statistika Dasar adalah mata kuliah tentang analisa data, bermula dari bagaimana mengumpulkan data, menampilkan data, menganalisa data, mengambil keputusan berdasarkan data, terakhir adalah menyelesaikan masalah dari kesemua rangkaian diatas. Mata kuliah ini juga merupakan mata kuliah yang menggabungkan antara teori dan praktek secara langsung. Kegiatan praktek akan diberikan dalam bentuk praktikum dan tugas.

Kompetensi yang diharapkan

Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mampu:

  1. Menggunakan konsep, metode dan penalaran dasar statistika sesuai bidang ilmu yang ditekuninya.
  2. Melakukan perhitungan statistik baik secara manual maupun dengan perangkat lunak yang sesuai seperti perangkat lunak MS. Excel.
  3. Mengkomunikasikan hasil pemikiran dan pekerjaannya dalam tulisan.