Deskripsi Mata Kuliah: 

Mata kuliah ini membahas tentang Penelitian dalam bidang kedokteran dan pelayanan kesehatan-Diseminasi Hasil Penelitian, Ilmu Pengetahuan dan Penelitian, Proposal Penelitian, Perumusan Masalah,  Kerangka Konsep, Variabel dan Hipotesis, Rancangan atau disain penelitian, Populasi dan Sampel, Pengumpulan Data, Pengolahan,  Analisis dan Penuajian Data Penelitian (SPSS).


Standard Kompetensi/Learning Outcomes Perkuliahan:

Internasilisasi dan akumulasi ilmu pengetahuan, pengetahuan, pengetahuan praktis, ketrampilan, afeksi, dan kompetensi yang dicapai melalui proses pendidikan yang terstruktur dalam hal pengetahuan dasar tentang Penelitian dalam bidang kedokteran dan pelayanan kesehatan-Diseminasi Hasil Penelitian, Ilmu Pengetahuan dan Penelitian, Proposal Penelitian, Perumusan Masalah,  Kerangka Konsep, Variabel dan Hipotesis, Rancangan atau disain penelitian, Populasi dan Sampel, Pengumpulan Data, Pengolahan,  Analisis dan Penuajian Data Penelitian (SPSS).

 

Kompetensi Dasar:

Mahasiswa memahami Penelitian dalam bidang kedokteran dan pelayanan kesehatan-Diseminasi Hasil Penelitian, Ilmu Pengetahuan dan Penelitian, Proposal Penelitian, Perumusan Masalah,  Kerangka Konsep, Variabel dan Hipotesis, Rancangan atau disain penelitian, Populasi dan Sampel, Pengumpulan Data, Pengolahan,  Analisis dan Penuajian Data Penelitian (SPSS).

 

Evaluasi:

a.       Test tertulis (Essay, MCQs, Short Answer Question)

b.       Permasalahan (case study)

c.        Oral Test

d.       Presentasi

 

Sumber Kepustakaan:

1)       Bhisma Murti, 2006. Desain dan Ukuran Sampel untuk Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif di bidang Kesehatan, Gadjah Mada University Press.

2)       Creswell John W., 2002. Research Design-Qualitative & Quantitative Approaches. Sage Publication, Inc.

3)       Layman Elizabeth, 2010. Research Methods-Health Information Management, Concepts, Principles and Practice, 3th ed. Chicago, Illinois: AHIMA

4)       Soekidjo Notoatmodjo, 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan, Rineke Cipta.

5)       Pallant Julie, 2005. SPSS Survival Manual 2nd edition – A step by step guide to data analysis using SPSS (Version 12)