Fungsi utama mata kuliah ini adalah membentuk sikap profesional dan keterampilan dalam kompetensi pedagogik. Secara umum mata kuliah ini berisi tentang konsep dasar BK pada jalur pendidikan formal (SD, SLTP, SLTA), kedudukan BK dalam pembelajaran utuh di kelas, pendekatan-pendekatan umum dalam pelayanan BK di sekolah, serta penerapan BK dalam pembelajaran yang berupa Diagnostik dan Remidian Kesulitan Belajar. Selesai mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan konsep bimbingan dan konseling mencakup pengertian, prinsip, azas, dan fungsi bimbingan dan konseling; pendekatan bimbingan dan konseling mencakup kuratif, preventif, dan developmental; landasan bimbingan dan konseling mencakup landasan psikologis, filosofis, agama, sosial budaya, dan landasan Ilmu dan teknologi; strategi dan teknik bimbingan dan konseling; jenis-jenis layanan bimbingan dan konseling; dasar-dasar pemahaman peserta didik (teknik tes dan non tes); pembelajaran berbasis bimbingan dan konseling; diagnostik dan remedial teaching, mencakup konsep dasar diagnostik kesulitan, langkah/prosedur (penentuan kasus, penetapan latar belakang, menentukan penyebab kesulitan, menentukan letak kesulitan pada bidang studi tertentu, merumuskan kemungkinan tindakan, memilih tindakan, dan melaksanakan tindakan (rekomendasi tindakan) dalam bidang studi yang dipilih/jurusan masing-masing).