|
UNIVERSITAS VETERAN BANGUN NUSANTARA FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT PROGRAM STUDI S1 KESEHATAN MASYARAKAT |
|||||
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) |
||||||
VISI FAKULTAS |
Terwujudnya Fakultas yang Unggul dalam pengembangan Sumber Daya Manusia yang berkarakter, mandiri dan Berbasis Kejuangan yang tinggi dibidang Kesehatan Masyarakat dan Rekam Medis di Tingkat Nasional Tahun 2027 |
|||||
VISI PROGRAM STUDI |
Terwujudnya Program Studi Kesehatan Masyarakat yang unggul, berkarakter, mandiri, dan berbasis kejuangan yang tinggi di tingkat nasional pada tahun 2027 |
|||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT (SKS) |
SEMESTER |
NO REVISI |
TGL PENYUSUNAN |
|
A619517P04 |
2 |
II Alih Jenis |
2 |
29 Februari 2020 |
||
Dosen Pengembang RPS |
Dosen Pengampu Mata Kuliah |
Ketua Program Studi |
||||
Titik Haryanti, S.K.M., M.P.H. |
Titik Haryanti, S.K.M., M.P.H. |
Nine Elissa Maharani,S.K.M., M.Kes. |
||||
Capaian Pembelajaran (CP) |
CP Program Studi |
|||||
S : Sikap |
|
|
||||
P : Pengetahuan |
1 |
Menguasai konsep teoritis dan dasar-dasar bidang illmu kesehatan masyarakat dalam rangka promotif- preventif dan layanan esensial kesehatan masyarakat |
||||
KU : Keterampilan Umum |
1 |
Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan merapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya. |
||||
KK : Keterampilan Khusus |
1 |
Mampu menyesuaikan komunikasi secara efektif dengan kegiatan promotif dan preventif di bidang kesehatan masyarakat. |
||||
2 |
Mampu menyesuaikan budaya setempat untuk solusi secara efektif dengan kegiatan promotif dan preventif di bidang Kesehatan Masyarakat. |
|||||
|
CP Mata Kuliah |
|||||
1 |
Mampu memahami dan menjelaskan konsep Manusia dan Perilaku |
|||||
2 |
Mampu memahami dan menjelaskan konsep perilaku dan perilaku kesehatan |
|||||
3 |
Mampu memahami dan menjelaskan dasar psikologi perilaku (sifat umum) |
|||||
4 |
Mampu memahami dan menjelaskan dasar prikologi perilaku (sifat khas individual) |
|||||
5 |
Mampu memahami dan menjelaskan determinan dan perubahan perilaku |
|||||
6 |
Mampu memahami dan menjelaskan persepsi dan perilaku sakit |
|||||
7 |
Mampu memahami dan menjelaskan perilaku dpencarian pelayanan kesehatan |
|||||
8 |
Mampu memahami dan menjelaskan penelitian perilaku kesehatan |
|||||
Deskripsi Singkat Mata Kuliah |
Mata kuliah ini bermaksud untuk membahas konsep tentang ilmu perilaku kesehatan, ilmu-ilmu yang termasuk dalam ilmu perilaku kesehatan, komponen dari perilaku, teori-teori perubahan perilaku, cara pengukuran perilaku. |
|||||
Materi Pembelajaran / Pokok Bahasan |
1 |
Konsep manusia dan perilaku |
||||
2 |
Konsep perilaku dan perilaku kesehatan |
|||||
3 |
Dasar psikologi perilaku (sifat umum) |
|||||
4 |
Dasar psikologi perilaku (sifat khas individual) |
|||||
5 |
Determinan dan perubahan perilaku |
|||||
6 |
||||||
7 |
Perilaku pencarian pelayanan kesehatan |
|||||
8 |
Penelitian perilaku kesehatan |
|||||
Referensi |
Utama: Nontoatmodjo, S. 2014. Ilmu Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta |
|||||
Pendukung: Nontoatmodjo, S. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Rineka Cipta. Jakarta Nontoatmodjo, S. 2012. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta |
||||||
Media Pembelajaran |
Spada, Artikel Ilmiah, Video |
|||||
Mata Kuliah Syarat |
- |
|||||

- Teacher: Titik Haryanti