A.    Manfaat Matakuliah

Mata Kuliah statistik pendidikan merupakan salah satu mata kuliah keahlian program studi yang wajib diikuti oleh semmua mahasiswa Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar UNIVET BANTARA Sukoharjo pada semester IV. Adapun manfaat mata kuliah ini adalah:

1.      Pengertian, Prinsip, konsep dan teknik dasar dalam pengolahan dan penyajian data secara kuantitatif serta mampu menafsirkan hasilnya dalam bentuk grafik dan tabel secara tepat..

2.      Setelah menyelesaikan perkuliahan, bagi mahasiswa mata kuliah ststistik pendidikan bermanfaat dapat membantu mahasiswa menganalisis data yang kompleks dan menyajikn secara informatif dalam bentuk yang sederhana..

 

B.     Deskripsi Matakuliah

Mata kuliah statistik inferensial membahas materi tentang pengertian dan jenis statistik, prinsip- prinsip dasar statistik, konsep-konsep dasar statistik, fungsi statistik dalam kehidupan sehari-hari, dan teknik-teknik dasar dalam pengolahan dan penyajian data secara kuantitatif berupa pengukuran data statistik dan penggunaan serta penafsiran hasilnya  dalam  bentuk  grafik,  tabel,  ukuran  gejala  pusat,  ukuran dispersi dan variasi,   perhitungan regresi linier sederhana, korelasi linier sederhana, teori  peluang, distribusi  normal,  statistika  inferensial, penaksiran parameter  dan  pengujian  hipotesis  dalam  kegiatan  penelitian  pendidikan.

 

C.    Kompetensi

1.      Mahasiswa dapat memahami dan menguasai materi statistik pendidikan dan mampu menerapkan dalam penelitian.

2.      Mahasiswa dapat menguasai statistik pengolahan dan penyajian data secara kuantitatif serta mampu menggunakan dan menafsirkan hasilnya dalam bentuk   grafik dan tabel secara tepat.

3.      mahasiswa dapat menganalisis data yang kompleks dan menyajikannya secara informatif dalam bentuk yang sederhana